Anggun Cipta Sasmi

Thursday, November 28, 2013

Anggun & Klub Sepakbola Paris Saint-Germain

Meskipun Indonesia adalah salah satu negara besar yang terkenal sebagai penggemar sepakbola tetapi tidak banyak klub sepakbola internasional yang mau repot-repot menyediakan pilihan Bahasa Indonesia untuk  resmi mereka.  Adalah klub sepakbola Prancis Paris Saint-Germain (PSG) yang pada tanggal 22 November 2013 kemarin memperkenalkan website resmi mereka dengan tambahan pilihan bahasa yaitu Bahasa Indonesia.

“Kami memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia dan kami berharap website dengan pilihan bahasa Indonesia ini akan semakin mempererat hubungan kami dengan mereka. Kami juga berharap para pemain sepakbola di Indonesia mendapat banyak manfaat dan inspirasi dari kiprah dan prestasi Paris Saint-Germain”, kata Managing Director PSG : Jean-Claude Blanc.

Maka pada peluncuran website berbahasa Indonesia tersebut, PSG mengundang Duta Besar Indonesia untuk Prancis Rezlan Ishar Jenie dan juga penyanyi Indonesia yang sering dianggap sebagai ikon hubungan kerjasama Prancis & Indonesia : Anggun. Bahkan Anggun mendapat kehormatan dengan diberi kostum resmi club bernomor punggung 10 dengan nama “Anggun” (nomor yang sama dengan kostum pemain PSG : Zlatan Ibrahimovic) sebagai kenang-kenangan.

“Aku senang banget website PSG kini sudah menggunakan Bahasa Indonesia. Apalagi aku juga diberi kostum resminya, pasti aku akan memakainya pada saat konser nanti”, ujar Anggun bangga yang langsung  menginformasikan website PSG berbahasa Indonesia ini lewat akun Twitter-nya yang juga merupakan bagian dari protokoler acara yang digelar di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris ini.

PSG memang bukan klub sembarangan. Salah satu pemain PSG Blaise Mautidi adalah pemain yang juga masuk Tim Nasional Prancis yang baru saja memastikan satu tempat di Piala Dunia 2014 seusai mengalahkan Ukraina dengan keunggulan agregat 3-2, pada play-off hari Selasa kemarin.

Bangga Dengan Indonesia



Cosmopolitan Indonesia


Ketika wartawan asing menanyakan tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di Indonesia, Anggun akan menjawab Bali. Tetapi kemudian Anggun akan meralatnya kembali, karena menurut Anggun masing-masing kota/pulau yang ada di Indonesia memiliki ciri khas dan karakter masing-masing dan wajib dikunjungi.


“Makanannya enak, tetapi banyak yang pedas...jadi hati-hati lho”, ujar Anggun mengingatkan karena tau mayoritas lidah orang asing kurang suka hidangan pedas.

“Di Indonesia kami punya tiga puluh ribuan pulau. Sebenarnya nggak semua pulau sih, ada beberapa yang cuma sebentuk batu karang di pinggir pulau lain, tetapi karena kami bangga memilikinya maka kami tetap menyebutnya pulau”, gurau Anggun.

Menurut Anggun ketika kita mengunjungi Bali, Sumatra, Jawa, Kalimantan atau Sulawesi kita akan menemui orang dengan karakter yang berbeda, tetapi dengan keramahan yang sama.

“Ibarat tutup mata lalu disuruh nunjuk satu tempat. Nggak perlu takut karena pasti tempat yang kamu tunjuk secara random itu adalah tempat dimana penduduknya ramah dan makanannya enak-enak”, pungkas Anggun menutup cerita tentang kebanggaannya terhadap Indonesia.

Wednesday, November 20, 2013

Negara Favorit Anggun : Italy



“Waktu manggung di Italy, ditonton ribuan orang...aku harus bikin bangga Indonesia”, demikian bunyi narasi yang ducapkan Anggun untuk iklan shampo Pantene. Sayangnya visualisasinya tidak menampilkan aksi panggung Anggun saat di Italy untuk mendukung narasi tersebut. Tetapi memang benar, era Snow On The Sahara adalah era dimana Anggun sangat mengharu biru negara Italy. Sepanjang tahun 1998 sampai 1999, Anggun wara-wiri diacara prestisius off air dan on air, televisi, festival musik, peragaan busana, acara penghargaan musik dan olahraga. Pada sebuah penampilannya di Festival Bar yang diselenggarakan di venue berbentuk stadion (yang penontonnya juga penuh satu stadion) Anggun sempat menjadi ‘mentor’ untuk dua orang pembawa acaranya untuk belajar melakukan sungkem a la masyarakat Jawa.

Anggun pernah mengatakan bahwa Italy adalah salah satu negara favoritnya.

"Aku sangat menikmati momen saat mengunjungi Italy, terutama saat berada di kota Milan. Orang-orangnya menyenangkan, terutama makanannya. Ughhhh, aku bisa makan gila-gila'an dan tidak peduli dengan diet kalau sudah berhadapan dengan hidangan yang ada disini", kata Anggun.

 Di Italy, Anggun memang punya nama. Anggun pernah duet dengan penyanyi Rock ternama Italy : Piero Pelu untuk sebuah lagu berbahasa Italy yang berhasil menduduki posisi puncak tangga lagu Italy selama beberapa pekan : Amore Imaginato.

"Aku tidak bisa bahasa Italy. Aku pernah mengatakan bahwa aku tidak akan menyanyikan lagu dalam bahasa yang aku tidak mengerti, tetapi aku bikin pengecualian khusus untuk Italy", ujar Anggun sambil tertawa.

Sepanjang promo album Luminescence di tahun 2004-2005, Anggun juga terlibat dalam serangkaian pagelaran musik bergengsi Festival Bar dibeberapa kota Italy seperti Milan dan Roma. Tahun ini anggun bahkan mendapat penghargaan khusus  dari industri film Italy atas peran aktifnya sebagai seorang artis yang peduli isu kemanusiaan dan aksi sosial.

Bulan November ini, majalah Vogue khusus pembaca pria yang diberi nama L’uomo menerbitkan sebuah edisi khusus yang membahas ikon-ikon artis Asia yang dianggap sangat berpengaruh dalam bidang musik, fashion dan film. Korea Selatan diwakili oleh G Dragon dan Siwon (Super Junior). Dari Indonesia? Seperti yang sudah bisa ditebak, adalah Anggun yang mewakili (bersama aktor Joe Taslim).

“Waktu manggung di Italy, ditonton ribuan orang...aku harus bikin bangga Indonesia”, begitu bunyi narasi yang diucapkan Anggun dalam iklan shampo Pantene. Dan Anggun memang berhasil membuat bangga Indonesia.