Anggun Cipta Sasmi

Monday, July 29, 2013

Anggun Tolak Menitip CD di Gerai Ayam Goreng



Industri musik Indonesia seperti menyelam kedasar lautan wibawa karya seni yang semakin dalam saat marak dengan sistem marketing menitipkan CD musik di gerai ayam goreng. Anggun termasuk yang kurang berkenan dengan sistem ini.

“Musik itu karya seni dan kultur, seharusnya ditawarkan berdampingan dengan karya seni yang lain seperti buku, lukisan dan lain-lain”, ujar Anggun. 
Apakah Anggun tidak takut di’musuhi’ oleh teman-temannya sesama artis Indonesia yang menjalankan sistem penjualan seperti ini untuk menjual karya-karyanya?

“Justru ketika aku datang ke Indonesia, teman-teman langsung curhat bahwa mereka sebenarnya juga tidak berkenan dengan keadaan seperti in. Tetapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena tugas mereka hanya menghasilkan karya, sementara urusan promosi dan distribusi adalah urusan label"

Anggun mengatakan bahwa sistem penjualan karya musik seperti ini memang bagus dari sisi penjualan, tetapi sangat merugikan dari sisi artistik dan apresiasi karena karya seni seharusnya berada ditempat yang layak. Karya seni akan kehilangan nilai seninya ketika berada ditempat yang tidak seharusnya.

No comments:

Post a Comment