Anggun Cipta Sasmi

Monday, March 10, 2014

Kirana

Instagram - Anggun


"Judul lagunya sama dengan nama anakku," ujar Anggun terharu setelah kelompok Nu Dimension selesai menyanyikan lagu Kirana milik Dewa 19 di panggung X Factor Indonesia.

Jauh sebelum Kirana lahir, Anggun juga sudah pernah menulis dan menyanyikan lagu berjudul Kirana untuk album Katja Indonesia milik Jose Barinaga.

Sampai sekarang Anggun memang masih belum mempublikasikan wajah putri semata wayangnya yang bernama lengkap Kirana Cipta Montana Sasmi, yang sudah berumur  enam tahun.

“Aku ingin dia punya kehidupan normal. Bukan pilihan dia untuk terlahir sebagai anak seorang  figur publik, jadi aku tidak mau kehidupannya terganggu karena hal-hal yang berkaitan dengan profesiku sebagai artis”

Meskipun begitu, Anggun sangat antusias ketika bercerita tentang Kirana. Di umurnya yang masih sangat belia, dia sudah memahami pekerjaan Anggun, bahwa dia tidak setiap hari bisa bersama dengan ibunya. Dia juga tidak rewel jika Anggun harus meninggalkan rumah selama beberapa hari untuk urusan menyanyi dan sebagai duta PBB.

“Meski tidak setiap hari aku ada disampingnya, tetapi aku selalu menyempatkan diri untuk komunikasi dengannya setiap saat lewat Skype. Dan kalau kebetulan aku sedang ada di rumah, maka kami akan mengunakannya sebagai quality time : sarapan bareng, nganter jemput  ke sekolah, tidur siang bareng, shopping bareng”

Pertimbangan Anggun tidak membawa Kirana setiap kali tour ke berbagai negara adalah karena Kirana pasti akan cepat bosan jika hanya berada di hotel atau venue acara. Sementara di apartemennya di Paris, dia punya teman sepermainan dan teman sekolah untuk bermain bersama. Namun jika kebetulan sedang libur sekolah, Anggun sesekali membawa Kirana ikut tour, khususnya ketika sedang tour ke Indonesia.

“Sambil liburan. Karena walau bagaimana-pun, setengah darahnya kan berasal dari Indonesia, jadi dia harus mengenal kulturnya. Saya dan dia berbicara dalam bahasa Indonesia, trus bapaknya suka sewot karena nggak ngerti. Salah sendiri, kenapa nggak mau belajar bahasa Indonesia. Hahaha!”

Kirana juga sudah mulai menunjukkan bakat seni yang sepertinya menurun dari ibunya. Dia suka menggambar dan menari balet. Apakah Anggun akan mengarahkannya untuk mengikuti  jejaknya sebagai pekerja seni kelak?

“Enggak. Dia bebas mau jadi apa saja, aku nggak mau otoriter. Mau jadi tukang bakso juga nggak apa-apa, yang penting dia bahagia dan menikmati pekerjaannya. Hahahaha!”

Tidak seperti selebriti lain yang cenderung mengekspose anak-anaknya demi kepentingan tertentu, antara lain agar lebih bisa mengerti dunia selebriti, yang kadang lebih cenderung mengarah ke eksploitasi, Anggun lebih memilih cara yang berbeda. Anggun melindungi Kirana dari sorot kamera wartawan. Anggun lebih memilih untuk mengajarkan Kirana tentang makna hidup daripada hingar bingar kehidupan artis.

“Aku selalu tanamkan pada Kirana bahwa bergantung kepada diri sendiri itu lebih baik daripada bergantung kepada orang lain. Kelak harus bisa independen, jangan terlalu bergantung pada orang lain, bahkan kepada pria. Karena meskipun manusia pada dasarnya adalah mahluk sosial, tetap tetap harus bisa berjuang sendiri dalam hidupnya”.

No comments:

Post a Comment