Anggun Cipta Sasmi

Friday, August 9, 2013

Penyanyi Muslim Kesayangan Paus & Gereja Vatican



“Sebagai penyanyi yang berasal dari negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia saya sangat bangga diundang untuk menyanyi dalam Concerto di Natale di Vatican”, ujar Anggun mengomentari partisipasinya dalam acara yang digelar oleh Paus Paulus II.

Anggun pertama kali diundang untuk menyanyi diacara prestisus umat Katolik ini pada tahun 2000. Pada saat itu Anggun tampil bersama penyanyi Canada Bryan Adams dan penyanyi legendaris Amerika Dionne Warwick.

“Saya ketemu langsung dan salaman dengan Paus. Orangnya kecil dan ringkih, nggak nyangka dengan kondisi fisik seperti itu beliau menyandang tugas dan tanggung jawab yang berat dipundaknya”, kesan Anggun saat mendapat kesempatan bertemu dengan Paus.

Lalu pada tahun 2008, Anggun kembali diundang. Anggun menyanyikan lagu Snow On The Sahara & Have Yourself A Merry Little Christmas. Tahun 2011, Anggun lagi-lagi mendapat undangan untuk menyanyi dihadapan Paus Benedictus. Tahun ini rencananya Anggun juga akan hadir lagi di Vatican untuk acara yang sama. 

Sebagai penyanyi Muslim menyanyi untuk acara ceremonial agama lain, bukan tidak mungkin Anggun partisipasi Anggun ini dipandang secara negatif. Tetapi Anggun punya pendapat  sendiri.

“Ajaran Islam kan pada dasarnya adalah toleransi. Kita tentu tau toleransi itu seperti apa. Mereka tau latar belakang saya, agama saya, negara asal saya. Tetapi mereka tetap memilih saya sebagai salah satu partisipan. Mereka pasti punya alasan yang kuat”.

Dan memang, untuk acara seprestisus Concerto di Natale tentu pihak Vatican tidak akan sembarangan memilih penyanyi yang tampil diacara tersebut. Beberapa nama yang pernahtampil diacara tersebut adalah penyanyi-penyanyi dengan citra postif seperti Mick Hacknall (Simply Red), Sasha, Dionner Warwick, Bryan Adams, Ronan Keating, Dolores O'Riordan (The Cranberries), Westlife, Lionel Richie, Tom Jones, The Corrs, Michael Bolton, Desree, Sarah Mc.Lahlan, Enya, John Denver, BB King, Chaka Khan, Jewel, Jennifer Paige dll. 

Konser ini tidak pernah bermaksud menyalahi kaidah agama Anggun yang melarang umatnya memasuki rumah ibadah agama lain atau melantunkan lagu pujian agama lain karena di umat Nasrani juga ada kaidah bahwa seremonial berbentuk konser atau acara lain yang tidak berhubungan dengan aktifitas religi tidak boleh dilakukan dalam gereja. Pastinya konser ini juga tidak digelar dalam gereja, melainkan sebuah gedung konser megah seperti konser Natal yang sebelumnya. Anggun juga hanya sebatas menyanyikan lagu tentang suasana dan cerita Natal.

Mungkin memang pihak Vatican melihat Anggun ada representasi dari toleransi yang indah. Mereka mungkin melihat Anggun sebagai sosok penyanyi Muslim yang baik sehingga mereka ingin menunjukkan kepada kaum umat Katolik bahwa citra Islam tidak seburuk rumor yang diciptakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan anti Islam.

1 comment: