Anggun Cipta Sasmi

Thursday, August 8, 2013

Patriotisme Di Negeri Orang



Entah sebuah kebetulan atau memang ditakdirkan seperti itu, karir internasional Anggun menanjak bersamaan dengan konflik politik yang sedang terjadi di Indonesia seperti  maraknya demo mahasiswa, konflik berdarah dibeberapa daerah, lengsernya Soeharto dari kepemimpinan sebagai Presiden, krisis moneter dan lain-lain.

“Media asing kan cenderung menampilkan hal paling buruk yang terjadi dinegara lain untuk ditunjukkan kepada dunia. Sementara di Indonesia kita tidak benar-benar melihat sesuatu sesuai fakta karena bisa saja ada yang ditutup-tutupi untuk kepentingan pihak tertentu”

Bisa dibayangkan ketika media asing menayangkan tank dan aparat yang berhadapan dengan mahasiswa dijalan raya seperti layaknya sebuah perang saudara.

“Saya bangga ketika saudara sebangsa dan setanah air saya berani berunjuk rasa ke jalan untuk menuntut perubahan. Apalagi kalau dilakukan dengan cara yang elegan dan tidak anarki”, kata Anggun. Bisa dibayangkan bagaimana posisi Anggun saat media asing menampilkan potongan tubuh disana-sini hasil konflik berdarah dibeberapa daerah di Indonesia.

“Awalnya sulit untuk saya terima. Tetapi kemudian saya sadari bahwa mau tidak mau saya harus bisa menerima ini memang terjadi dinegara saya. Saya tentu tidak bisa berbuat apa-apa atau mengatakan itu tidak benar-benar terjadi”

Apakah Anggun tidak pernah terpikir untuk melakukan pembelaan terhadap media asing yang tidak adil dalam pemberitaan tentang Indonesia?

“Saya kan bukan politikus, saya hanya melakukan pembelaan sesuai dengan kapasitas saya. Saya bilang ke mereka bahwa hal seperti ini bisa saja terjadi dimana saja, bukan hanya di Indonesia”.

Dan tanpa harus ngotot melakukan pengingkaran tentang apa yang terjadi di Indonesia, Anggun memilih untuk melakukan pembelaan dengan cara berkarya sesuai dengan profesinya.

"Pada akhirnya saat mereka melihat diri saya dan bakat saya di musik, mereka berkata 'oh, ternyata Indonesia bukan hanya koruptor dan konflik saja'. Tetapi juga ada bakat-bakat luar biasa yang perlu menjadi perhatian media asing daripada hanya fokus pada berita negatif tentang Indonesia untuk ditunjukkan kepada dunia".

Itulah sebabnya media asing akhirnya menulis sosok Anggun dengan deskripsi berita positif yang menyeruak dari antara berita-berita negatif tentang Indonesia.

2 comments:

  1. wawwwwwwwwwwwww artikel ini sangat kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnn ... berbobot dan ditulis dengan tata bahasa yang menarik .... dua jempollllllllllll untuk kmuuuuu :)

    ReplyDelete