Anggun Cipta Sasmi

Wednesday, August 7, 2013

Misi Dibalik Ganti Warga Negara



 Banyak pihak yang menyayangkan keputusan Anggun utk mengganti kewarganegaraannya menjadi warga negara Prancis pada tahun 2003. Itu juga yang menjadi alasan mereka utk mempertanyakan nasionalisme Anggun.

“Dulu dengan paspor Indonesia, aku tidak bisa kemana-mana. Banyak yang negara yg menolak permohonan visa-ku karena tidak punya hubungan diplomatik dgn Indonesia. Terus terang ini bukan hanya merugikan aku, tetapi juga menghalangi misiku untuk memperkenalkan Indonesia ke lebih banyak negara”.

Anggun bukan tidak pernah meminta bantuan kedutaan Indonesia di Prancis sehubungan dengan misi Anggun, misalnya agar diberi fasilitas atau kemudahan tetapi kurang mendapat respon. Akhirnya Anggun mengambil keputusan untuk mengganti kewarganegaraannya agar bisa lebih leluasa melanglang buana mengembangkan karir.

“Sekarang aku lebih leluasa kemana-mana dengan paspor baruku. Walau memegang paspor Prancis, orang-orang asing mengetahui aku berasal dari Indonesia. Itu menjadi tanggung jawab moral bagiku karena aku harus memberi citra positif tentang Indonesia kepada mereka”.

Jadi salah kalau ada yang mengatakan Anggun sudah tidak cinta Indonesia sehingga melepas kewarganegaraan-nya. Justru dengan melepas kewarnegaraannya untuk tujuan praktis dan birokrasi, Anggun seperti mendapat akses yang lebih luas lagi untuk memperkenalkan Indonesia ke berbagai belahan dunia.

“Yang berubah kan hanya dokumennya, bukan orangnya. Aku tetap orang Indonesia. Kalau misalnya aku ngaku-ngaku orang Prancis atau Italy, memangnya ada yang akan percaya?”, tukas Anggun sambil bercanda.

1 comment: