Anggun Cipta Sasmi

Tuesday, July 30, 2013

Belajar Bahasa Prancis Lewat Lagu, Buku & Film



Memutuskan untuk stay dan menjajal karir di Prancis tetapi tidak bisa berbahasa Prancis tentu tidak realistis namanya. Itu sebabnya Anggun menempuh segala cara agar bisa segera menguasai bahasa Prancis dengan cepat.

“Awalnya aku ikut kursus, gabung dikelas dasar. Tetapi sampai sebulan aku nggak merasa ada perkembangan berarti karena setiap hari hanya belajar mengucapkan ‘Ini Pierre. Pierre adalah temannya Fiola’.

Akhirnya Anggun memutuskan untuk belajar sendiri, apalagi Anggun beruntung tinggal di negara pengguna asli bahasa tersebut dimana dia setiap saat mendengar orang berbicara dalam bahasa Prancis sehingga dia bisa langsung praktek. Anggun belajar dengan cara banyak menonton film, mendengarkan musik dan membaca buku yang semuanya dalam bahasa Prancis. Lalu rajin buka kamus dan bertanya kepada suami jika menemukan kosa kata baru yang belum terdaftar di kamus. Anggun juga rajin menyapa dan mengajak ngobrol orang-orang dijalan raya dan tetangganya yang kebetulan bertemu di lift dengan bahasa Prancis untuk mengasah kemampuan bahasa Prancisnya.

“Awalnya mereka kaget, tetapi setelah aku jelasin kalau aku sedang belajar, mereka tersenyum dan maklum. Mereka sangat senang dan bangga melihat orang asing yang belajar bahasa mereka”.

Menurut Anggun, Bahasa Perancis punya persamaan dengan Bahasa Indonesia karena sama-sama menggunakan banyak rangkaian kata-kata untuk menyebut atau menjelaskan sesuatu. Misalnya kalau bahasa Inggris menyebut ‘sun’, maka bahasa Prancis dan bahasa Indonesia akan menyebutnya dengan ‘the eye of the day ‘.

"Bahasa Prancis itu indah dan puitis, tetapi memang lumayan kompleks seperti pengucapan dan penggunaan imbuhan untuk menunjukkan gender”, jelas Anggun. Itu sebabnya dulu sebelum benar-benar menguasai bahasa Prancis Anggun sempat kelabakan karena terpaksa harus membeli dua roti atau dua Cocacola, padahal sebenarnya hanya butuh satu. Karena untuk membeli satu Anggun belum tau harus pakai imbuhan apa.

Sekarang buat Anggun, bahasa Prancis sudah seperti bahasa kedua Anggun seperti bahasa Inggris. Bahasa pertama Anggun? Tentu saja Bahasa Indonesia.

“Aku kan dari lahir sampai remaja tinggal di Indonesia, jadi berbicara pakai Bahasa Indonesia istilahnya sudah tidak pakai mikir lagi. Kalau Bahasa Inggris dan Prancis kadang aku masih suka mikir untuk memilih kata-kata yang lebih tepat. Kita orang Asia kan punya karakter serba sungkan. Untuk mengatakan ‘tidak’ saja kita akan memlilih kata-kata yang lebih halus karena khawatir akan menyakiti perasaan”.

Begitulah Anggun. Walau menggunakan bahasa Prancis atau Inggris, dia tetap tidak melepas kultur  perempuan Asia-nya yang halus dan santun.

No comments:

Post a Comment