Anggun Cipta Sasmi

Wednesday, July 31, 2013

Tak Cukup Hanya Dengan Keyakinan 100%



Saat menggarap album, Anggun bukan type artis yang mau diburu-buru agar segera merampungkan proyek albumnya. Anggun mengatakan bahwa butuh lebih banyak waktu agar kita bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bagus.

“Aku suka proses pengerjaan album. Saat aku masuk ke studio, masih blank. Pas keluar dari studio, tau-tau udah tercipta sejumlah lagu yang nggak tau datang dari mana”

Bagaimana Anggun mendapat inspirasi dalam menulis lagu?

“Banyak orang yang bilang inspirasi itu harus ditunggu karena akan datang sendiri. Buat aku pribadi inspirasi itu harus dicari dan diciptakan sendiri, bisa lewat membaca buku, menonton film, menikmai lukisan, dengarin curhat teman...”

Termasuk mendengarkan musik?

“Tidak. Saat proses menulis lagu untuk album baru, aku biasanya puasa mendengarkan lagu artis lain supaya tidak terpengaruh mengikuti dan meniru lagu/musik dari artis tersebut”.

Anggun juga termasuk yang hati-hati dalam menulis lirik lagu karena Anggun tidak mau lagunya jadi dengan lirik yang pasaran.

“Mungkin lirik yang aku tulis tidak seberat lirik lagu-lagu Sting, tetapi juga tidak sesederhana lirik lagu-lagu Spice Girls”.

Pokoknya sebelum memutuskan untuk merilis album baru, Anggun butuh keyakinan lebih dari 100 % atau bahkan 1000% bahwa album ini akan menjadi sesuatu yang bisa dia banggakan.

“Namanya juga album personal. Aku yang nulis lagunya, fotoku yang ada dicover-nya, namaku yang tertera disampulnya. Ibaratnya albumku adalah potret diriku sendiri pada saat itu, jadi benar-benar nggak mau asal jadi”, ujar Anggun mencoba menggunakan analogi sederhana.

No comments:

Post a Comment