Anggun Cipta Sasmi

Monday, October 7, 2013

Ogah Disebut Diva dan Penyanyi Asing

Rolling Stone Indonesia


Menjadi penyanyi kaliber dunia seperti Celine Dion sudah menjadi cita-cita Anggun sejak masih menjadi penyanyi remaja di Indonesia. Tetapi begitu berhasil menjadi satu-satunya penyanyi Indonesia yang album bahasa Inggrisnya beredar di hampir seluruh dunia seperti penyanyi asing kelas dunia lainnya, Anggun justru menolak disebut penyanyi asing.

Ketika pertama kali datang ke Indonesia sejak merilis album internasionalnya yang pertama, Anggun disambut dengan acara protokoler layaknya tamu asing dan tamu kehormatan negara. Mulai dari acara pengalungan karangan bunga sejak mendarat di airport sampai iring-iringan kawalan polisi menuju hotel dengan mobil khusus plat Corps Diplomatic.

Saat jumpa pers dengan wartawan, banyak wartawan yang memberi pertanyaan dalam bahasa Inggris, mungkin karena merasa Anggun sekarang sudah menjadi artis asing.

“Aku sebenarnya sedikit kaget karena banyak wartawan yang merasa bahwa mungkin aku sudah lupa bahasa Indonesia. Dan mereka juga kaget ketika aku masih bisa berbahasa Indonesia. Ya ampun, aku kan lahir dan tumbuh di Indonesia. Apa sih yang ada dalam benak mereka?”, seloroh Anggun geli.

Bagaimana dengan kawalan polisi dan bodyguard yang mendampingi Anggun selama di Jakarta? Apakah itu tidak mengindikasikan bahwa Anggun sudah seperti tamu asing dinegaranya sendiri?

“Itu bukan keinginanku. Itu bagian dari kebijakan label rekamanku di Prancis & Indonesia dengan manajemenku. Ini bagian dari formalitas yang mau nggak mau harus aku ikuti karena meyangkut prosedur proteksi untuk artis”, jelas Anggun menjawab keluhan beberapa wartawan dan penggemar yang merasa kesulitan untuk berinteraksi lebih dekat dengan Anggun.

Anggun juga kurang sreg kalau kalau disebut sebagai penyanyi asing atau diva luar negeri? Jadi bagaimana menjelaskan status Anggun yang sudah go internasional?

“Aku tetap penyanyi Indonesia. Jadi mungkin lebih tepat disebut dengan penyanyi Indonesia dengan label rekaman luar negeri”, Anggun menutup cerita.

No comments:

Post a Comment