Anggun Cipta Sasmi

Thursday, December 5, 2013

Antara Madonna & Annie Lennox



Saat pertama kali mengukir nama sebagai artis Asia yang berkiprah di industri musik dunia, sosok Anggun memang sangat mencuri perhatian. Fisik yang sangat Asia/Melayu mengusung musik yang sangat urban a la Eropa dengan pengaruh world music. Maka pers asing-pun memberi julukan Madonna Dari Asia dan Pochahontas Bersuara Annie Lennox.

“Sejujurnya, ketika orang memuji penampilan dan gaya bernyanyi saya, saya bangga karena mereka memuji Anggun, bukan memuji Anggun yang meniru Mariah Carey atau Celine Dion. Kalau kita meniru artis lain, kita hanya akan menjadi bayang-bayang artis itu karena kita tidak mungkin bisa lebih bagus dari artis yang kita tiru habis-habisan”.

Anggun mencontohkan David Bowie, Michael Jackson dan Freddy Mercury sebagai artis yang kreatif karena mereka sangat orisinal dari sisi musik dan penampilan. Menurut Anggun itu sebabnya mereka menjadi semacam masterpiece di zamannya dan menjadi panutan banyak musisi-musisi hebat karena tidak banyak artis yang bisa seperti itu.

Ketika dibandingkan dengan Madonna dan Annie Lennox, bagaimana tanggapan Anggun?

“Saya sangat mengagumi keduanya. Madonna adalah entertainer yang hebat, tetapi saya lebih memilih dibandingkan dengan Annie Lenox karena dia lebih dikenal sebagai musisi yang unik dan kreatif”, Anggun menandaskan.

1 comment: