Anggun Cipta Sasmi

Friday, December 6, 2013

Lagu Yang Ditulis Dengan Hati Akan 'Hidup'

Sony Music Indonesia


“Bapakku dulu selalu bilang bahwa ilham itu tidak ditunggu, tetapi dicari. Caranya? Dengerin musik, baca buku, nonton TV, diskusi dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda”, Anggun membuka cerita.

Anggun menganggap bahwa mendapat ilham dari orang lain itu ibaratnya seperti mencuri. Teman-teman Anggun sering curhat kepada Anggun. Saat mendengarkan cerita teman-temannya diam-diam Anggun merekam poin-poin penting dari cerita tersebut di dalam kepalanya yang nantinya akan ditulis menjadi sebuah lagu.

“Jadi ide untuk menulis lagu itu nggak melulu atas pengalaman pribadiku, tetapi juga dari pengalaman orang lain. Kayak waktu nulis lagu Non Angelical itu kan gara-gara aku dengerin curhat temanku yg mengeluh pacarnya begini dan begitu, tetapi dia tetap cinta mati”.

Kenapa Anggun mau repot-repot serius memikirkan sebuah ide untuk ditulis menjadi sebuah lagu?

“Karena aku nggak mau menulis lagu ‘oh baby, oh baby’. Dari dulu aku selalu ingin menyanyi dan menulis lagu dengan jujur, tidak mau sekedar ikut-ikut trend. Karena lagu yang jujur itu tidak hanya akan lewat ditelinga, tapi akan sampai ke hati”.

Anggun sangat menikmati proses menulis lagu. Dimana Anggun datang ke studio dan belum punya lagu, keluar dari studio tau-tau sudah jadi menulis lima lagu yang tadinya tidak tau datang darimana.

“Ibaratnya melodi untuk lagu itu sebenarnya sudah ada di atas kepala kita, di udara yang kita hirup. Kita hanya tinggal sensitif dan peka untuk bisa ‘menangkap’nya dan menuangkannya dalam bentuk nada lewat bantuan alat musik atau sekedar lalalala”.

Anggun sudah mulai menulis lagu untuk albumnya sejak umur 12 tahu, termasuk lagu-lagu di album internasionalnya.

“Buat aku lagu itu bukan hanya sekedar lagu yang kita dengar , trus udah...segitu aja.  Tetapi lagu itu seperti sesuatu yang hidup yang bisa menyentuh orang lain karena kita juga menulisnya pakai sensitifitas dan hati”

1 comment:

  1. lagu eternal ,imposible, garde moi, shine , moon ameleur amour, lagu anggun yang paling menyentuh hati

    ReplyDelete