Anggun Cipta Sasmi

Saturday, December 7, 2013

Woman Of The Year



“Apalah arti sebuah nama”, demikian bunyi ungkapan tekenal dari lakon kisah Romeo & Juliet masterpiece karya Williams Shakespeare.

“Bapakku kan juga seniman, jadi aku percaya beliau juga tidak asal memberi nama. Di Indonesia nama itu bukan sekedar untuk panggilan, tetapi juga teriring doa dari orang tua. Mungkin bapakku dulu ingin aku menjadi perempuan yang anggun”, Anggun mejelaskan.

“Apalagi Anggun Cipta Sasmi artinya keanggunan yang tercipta lewat sebuah mimpi. Maknanya indah sih, tetapi agak berat juga”, Anggun menambahkan sambil terseyum.

Menurut Anggun sendiri, apakah dia memang memiliki nama yang sesuai dengan harapan orangtuanya : perempuan yang anggun?. “Aku harap sih begitu. Hahahaha!”, Anggun tertawa.

Anggun bukan sekedar penyanyi Indonesia yang berhasil go internasional, tetapi Anggun juga adalah kebanggaan dua negara (Indonesia & Prancis) yang kini telah menjadi milik dunia. Tidak cukup hanya sebatas mengukir nama di pentas musik dunia lewat rilisan album dan pertunjukan di hampir seluruh belahan dunia, Anggun juga adalah selebriti yang peduli kemanusiaan dan lingkungan dan budaya.

Sama seperti Celine Dion, Anggun pernah diganjar sebuah penghargaan oleh kedutaan besar Prancis karena dianggap berjasa memperkenalkan bahasa Prancis ke seluruh dunia dan memotivasi banyak anak muda untuk mempelajari bahasa Prancis setelah mendengar lagu-lagu berbahasa Prancis milik Anggun.

Sementara industri film Italy juga tak ketinggalan memberi anugerah kehormatan kepada Anggun atas kepedulian dan peran aktifnya terhadap kegiatan kemanusiaan.

Atas kiprahnya itu, majalah See Beyond Yourself menobatkan Anggun sebagai Woman Of The Year tahun ini serta menampilkan Anggun sebagai cover untuk edisi akhir tahun.

"Apalah arti sebuah nama”, demikian bunyi ungkapan tekenal dari lakon kisah Romeo & Juliet masterpiece karya Williams Shakespeare. Namun ungkapan tersebut sepertinya tidak berlaku untuk Anggun, karena Anggun memang seanggun namanya.

1 comment: