Anggun Cipta Sasmi

Thursday, February 27, 2014

Sebal Setiap Kali Datang ke Indonesia




Meski mengaku cinta dan bangga dengan Indonesia, bukan berarti tidak ada hal-hal yang menurut Anggun sedikit ‘menyebalkan’ tentang Indonesia, setidaknya menurut penilaian pribadi Anggun.

“Ya, dari dulu sampai sekarang, setiap kali datang ke Indonesia, orang-orang masih saja menanyakan hal yang sama. Mempertanyakankan kenapa aku ganti warga negara, apakah aku masih makan nasi".

"Bahkan beberapa wartawan masih ada yang sering mewawancarai aku pakai bahasa Inggris, karena curiga aku sudah tidak bisa bahasa Indonesia. Padahal aku berharap diwawancarai pakai bahasa Prancis, tetapi nggak ada yang mau. Hahaha!”

Anggun memang wajar merasa bosan dan jenuh karena pertanyaan-pertanyaan semacam itu sudah berulang kali ditanyakan sejak lima belas tahun yang lalu.

“Mungkin ada beberapa orang yang ketika pergi ke Amerika, dia merasa harus berubah menjadi seperti orang Amerika. Ketika pergi ke Prancis, dia merasa harus berubah menjadi seperti orang Prancis. Atas dasar pemikiran seperti itu, mereka berpikir bahwa aku sama seperti mereka. Padahal kan enggak seperti itu. Seperti apa aku di Indonesia, seperti itu juga aku di Eropa. Yang berubah paling hanya mentalitas dan pemikiran, karena mau nggak mau, aku harus beradaptasi dengan masyarakat disana yang serba cepat dan disiplin”

No comments:

Post a Comment