Anggun Cipta Sasmi

Friday, February 21, 2014

Tidak Harus Tinggal di Amerika Agar Bisa Rilis Album di Amerika

Cosmopolitan Indonesia


Sebagai artis Indonesia yang sudah go internasional, Anggun sering ditanya kenapa tidak sekalian saja tinggal di Amerika agar bisa lebih fokus menembus industri musik Amerika.

“Dari dulu aku memang tidak pernah punya keinginan berkarir di Amerika. Bahkan saat memutuskan untuk go internasional, aku memilih Eropa. Makanya awalnya aku menetap di Inggris. Memang sih Amerika itu negara yang besar, tetapi itu kan hanya satu negara". 

"Kalau di Eropa, ada beberapa negara yang tetanggaan masih dalam satu wilayah. Aku lebih memilih menembus industri musik beberapa negara yang mungkin tidak sebesar Amerika daripada harus ngotot nembus satu negara saja yaitu Amerika”

Tetapi bukankah dengan menembus Amerika, maka akan lebih gampang dikenal di seluruh dunia? Anggun menyetujui hal tersebut, tetapi Anggun tetap pada pendiriannya.

“Banyak artis Amerika yang tidak begitu terkenal di Eropa, contohnya Sarah Mc.Lahlan. Demikian juga sebaliknya, banyak artis Eropa yang tidak terkenal di Amerika, contohnya Robby Williams. Dan mereka santai-santai aja, buat mereka itu bukan big deal”

Meskipun begitu, toh Anggun bukannya tidak pernah mencoba menembus industri musik Amerika tanpa harus tinggal di Amerika.

"Dulu album pertamaku Snow On The Sahara rilis di seluruh Amerika, padahal itu album yang aku kerjain bareng komposer dan produser Prancis di Paris. Sama sekali tidak ada campur tangan komposer atau produser Amerika di album itu. Bahkan sempat masuk chart2 musik penting di Amerika juga, seperti Billboard. Itu sudah salah satu bukti buatku pribadi bahwa aku tidak harus tinggal di Amerika lalu bekerja sama dengan produser & komposer Amerika untuk bisa menembus Amerika”.

Dan sepertinya pendapat Anggun memang benar. Beberapa tahun belakangan ini beberapa musisi dari luar Amerika yang tidak tinggal di Amerika juga berhasil mengharu biru Amerika. Beberapa diantaranya adalah Adele, Ed Sheeran, Daft Punk dan Lorde.

No comments:

Post a Comment