Anggun Cipta Sasmi

Tuesday, February 25, 2014

Tidak Mau Ganti Nama


Universal Indonesia

Banyak artis yang atas keinginan sendiri dan juga saran dari produser untuk mengganti namanya ketika terjun ke industri hiburan. Bisa jadi karena nama aslinya dinilai kurang komersil sehingga diganti dengan nama yang dianggap lebih menjual.

Anggun termasuk artis yang tetap mempertahankan nama aslinya  sebagai nama panggung sejak masih wara-wiri di industri musik Indonesia sampai ke luar negeri. Nama lengkapnya Anggun Cipta Sasmi, nama populernya (sewaktu masih di Indonesia) Anggun C. Sasmi. Sekarang dikenal dengan nama Anggun saja. Kenapa tidak mempertahankan nama Anggun C. Sasmi yang sudah terlanjur populer di Indonesia?

“Di Indonesia, aku masih sering ditulis Anggun C. Sasmi meskipun sekarang aku hanya memakai nama Anggun saja. Kalau di luar negeri, bahkan hanya untuk menyebut Anggun saja mereka sudah kesulitan. Bayangkan kalau masih harus ditambah dengan C. Sasmi”

Pada beberapa kesempatan, beberapa presenter asing pernah memanggil Anggun dengan Anne atau Angie, tetapi Anggun selalu mengkoreksi dengan mengatakan  ‘nama saya Anggun, bukan Anne atau Angie’.

“Salah pengucapan menjadi Enjun atau Enggiun tidak apa-apa, asal jangan memanggil dengan nama lain yang bukan namaku”

“Memakai nama Anggun tanpa C. Sasmi itu juga sebenarnya untuk kepentingan praktis saja, supaya lebih gampang disebut. Seperti Madonna kan sebenarnya namanya juga panjang, tetapi dia hanya memakai Madonna. Aku juga seperti itu, supaya lebih simpel karena aku juga tidak mau jika diusulkan ganti nama”

No comments:

Post a Comment