Anggun Cipta Sasmi

Thursday, February 27, 2014

Bangga Menjadi Duta PBB

United Nation


Sejak tahun 2004, Anggun adalah salah satu dari duta sekaligus juru bicara yang ditunjuk oleh PBB untuk berbicara mengenai program Mikro Kredit dan Pengentasan Kemiskinan dan Kelaparan di berbagai belahan dunia. Bagaimana perasaan Anggun saat ditunjuk menjadi duta PBB?

“Senang sekali. Karena buat aku, menjadi terkenal itu berarti ada misi dan tanggung jawabnya ke masyarakat. Dan saya memilih misi dan tanggung jawab yang berhubungan dengan kemanusiaan seperti kelaparan dan kemiskinan”

Padahal sebelumnya, Anggun sempat lama tidak membuka email dari PBB yang mendaulat Anggun menjadi duta dan juru bicara. Anggun baru membuka email penting tersebut beberapa bulan kemudian dan sempat khawatir tawaran tersebut sudah lewat kadaluarsa. Betapa senangnya Anggun ketika mengetahui bahwa tawaran itu masih berlaku. Apalagi PBB memang benar-benar menginginkan peran serta Anggun setelah sebelumnya mengetahui track record Anggun yang dinilai baik dan layak untuk menjadi representatif organisasi dunia sekaliber PBB.

“Keuntungannya buat aku, aku jadi belajar banyak hal demi mengisi wawasanku. Karena kadang aku ditunjuk oleh PBB untuk mengunjungi beberapa negara, penyuluhan ke masyarakat setempat. Belum lagi kalau harus berpidato saat menghadiri sidang di markas besar PBB di New York, aku harus mempersiapkan diri untuk menyampaikan pendapat dan ide-ideku di hadapan para perwakilan berbagai negara”

Karir musik yang mengharuskan Anggun untuk menulis lagu, rekaman di studio, tour dan konser ke berbagai negara sudah sangat menyita waktu. Apakah Anggun tidak merasa terbebani dengan statusnya menjadi duta PBB dimana kadang Anggun harus kehilangan waktu untuk bersantai sejenak.

"Aku selalu punya waktu untuk diri sendiri dan keluarga, memang tidak banyak, tetapi manajemen saya memberikannya. Buat aku,  ini bukan beban karena ini adalah tujuan hidupku, bahwa antara karir dan misi kemanusiaan harus seimbang. Aku justru merasa terbebani jika saja aku sibuk dengan karirku dan mengabaikan sisi kemanusiaan yang seharusnya menjadi tugasku”

Hal paling berat dalam menjalani status sebagai penyanyi internasional sekaligus duta PBB?

“Saya sering kurang tidur. Hahahaha! Tetapi tidak apa-apa, ini sudah bagian dari pekerjaan saya. Buat aku yang penting tidur yang berkwalitas, bukan tidur yang lama”

No comments:

Post a Comment