Anggun Cipta Sasmi

Thursday, April 10, 2014

Pemilu & Golput di Mata Anggun

Paris-Saint Germain


Pemilu Legislatif di Indonesia yang digelar tanggal 9 April 2014 yang lalu ternyata tidak luput dari perhatian Anggun. 

Dalam perjalanannya dari Paris menuju London, Anggun menyempatkan diri untuk menyampaikan pandangannya mengenai Pemilu.

“Menggunakan hak suara dalam Pemilu itu penting, karena ini artinya kita menyampaikan aspirasi dan harapan untuk keadaan yang lebih baik kepada calon-calon pejabat negara yang kita percaya duduk di lembaga pemerintahan selama lima tahun ke depan”

Anggun memang kini sudah tidak ikut lagi menggunakan hak suaranya untuk Pemilu di Indonesia karena dia sudah menjadi warga negara Prancis. Tetapi sewaktu masih tinggal di Indonesia, Anggun juga aktif menggunakan hak suaranya. Pemilu tanggal 9 Juni 1992 adalah Pemilu pertama yang diikuti Anggun karena saat itu Anggun sudah berusia 18 tahun, sudah memenuhi syarat sebagai peserta Daftar Pemilih Tetap (DPT) di kawasan tempat tinggalnya di Rawamangun, Jakarta Timur.

“Karena baru pertama kali ikut nyoblos, aku juga bingung. Trus, aku tanya sama Bapak mau nyoblos yang mana, aku ikut pilihan Bapak saja. Tetapi kata Bapak, aku nggak boleh tau Bapak mau pilih apa. Begitu juga sebaliknya, Bapak tidak boleh tau pilihanku karena Pemilu itu luber: langsung, umum, bebas dan rahasia. Bapak lalu menjelaskan bahwa partai ini begini dan partai itu begitu, jadi aku disuruh memutuskan sendiri sesuai pilihanku”

Di Prancis, Anggun mungkin sudah beberapa kali menggunakan hak suaranya sebagai warga negara yang baik. Bagaimana pendapat Anggun sendiri mengenai warga negara yang memilih untuk tidak menggunakan hak suaranya atau yang dikenal dengan istilah golput?

“Di beberapa negara, banyak warga negara yang tidak diizinkan menggunakan hak suaranya. Tidak mempunyai kesempatan dan kebebasan untuk menentukan sendiri pemimpin negaranya dan masa depan negaranya. Jadi jika kita masih diberi kebebasan untuk menggunakan hak suara, itu adalah hal yang patut disyukuri. Jadi sebaiknya gunakanlah hak suara kita”.

No comments:

Post a Comment