Anggun Cipta Sasmi

Sunday, October 6, 2013

Pendidikan Informal : Bakat & Pengalaman



Meskipun hanya lulusan SMA, tetapi soal wawasan dan pengetahuan , Anggun berani diadu. Sejak kecil, Anggun memang sudah ditempa dan dididik oleh sang ayah agar membekali diri dengan wawasan dan pengetahuan.  Sepulang dari sekolah, Anggun kecil tidak boleh langsung pulang ke rumah, tetapi harus mampir dulu ke toko buku lalu menghabiskan membaca satu atau dua buku. Berasal dari keluarga yang sederhana, tentu membeli buku bacaan bukan merupakan prioritas utama di keluarga Anggun.

Kebiasaan itu juga yang akhirnya terbawa hingga saat Anggun tumbuh menjadi remaja dan dewasa. Anggun adalah perempuan yang hobby membaca serta mendengarkan berita (dari televisi dan radio).

Cukup percaya diri dengan wawasan dan pengetahuan yang sudah dipupuk sejak kecil itujuga mungkin yang membuat Anggun menerima tawaran saat didaulat menjadi duta PBB untuk Mikro Kredit & Duta Pangan (FAO). Bagaimana Anggun dengan fasih berbicara tentang masalah-masalah yang serius dalam bidang sosial, ekonomi dan hukum.

“Berhubung aku bukan sarjana dengan disiplin ilmu tertentu, jadi aku menjelaskan program PBB yang berhubungan dengan berbagai bidang yang serius lewat bahasa umum sehari-hari yang ternyata lebih gampang diterima dan dimengerti oleh masyarakat umum dan awam”, cerita Anggun mengenai alasan dipilihnya dia sebagai salah satu public figure yang dipercaya menjadi duta dan juru bicara PBB. Dan memang sosok seperti Anggun-lah yang dicari oleh PBB, sosok selebriti yang mampu berbicara dengan lugas tanpa harus menggunakan bahasa-bahasa tehnis yang nanti justru lebih susah dimengeti oleh masyarakat sasaran program.

“Pendidikan formal itu penting karena akan sangat membantu membentuk pola pikir yang sistematis. Tetapi jika tidak memiliki akses untuk mendapat pendidikan formal  karena alasan tertentu, kita masih bisa mengandalkan pendidikan informal yaitu bakat dan pengalaman. Yang penting mau bekerja keras, bersedia belajar hal-hal baru, tidak mudah putus asa dan selalu bersyukur & berdoa”, pesan Anggun. Dan Anggun memang sudah membuktikannya sendiri.

No comments:

Post a Comment