Anggun Cipta Sasmi

Saturday, February 15, 2014

Independent Woman

United Nation


Anggun kini sudah seperti warga dunia, dalam arti harus sering traveling ke berbagai negara. Termasuk traveling  untuk urusan pekerjaan sebagai penyanyi, duta PBB, juru bicara produk yang dia iklankan, dan juga untuk liburan bersama keluarga.

“Aku tidak bisa bilang kalau aku suka traveling, tetapi ini memang sudah bagian dari pekerjaanku yang mau tidak mau harus aku terima dan lakukan. Karena aku traveling sebagian besar adalah untuk urusan pekerjaan, bukan untuk pelesiran”

Bagaimana Anggun melihat aktifitas traveling sebagai bagian dari gaya hidup orang-orang di masa sekarang?

“Traveling itu penting. Ibaratnya kalau kita suka membaca buku, maka kita harus membaca banyak buku yang berbeda-beda. Kalau kita suka makan, kita harus makan berbagai macam variasi hidangan, jangan hanya makanan favorit saja. Sama juga dengan mengunjungi negara lain, jangan hanya ke satu negara melulu. Karena ini bagus untuk memperkaya diri kita. Semakin kita melihat dan merasakan banyak hal, semakin kita lebih bijaksana, rendah hati dan menerima perbedaan”

Menurut Anggun, traveling membantu manusia membuka mata hati dan memperkaya otak dan wawasan.

“Traveling ke berbagai tempat yang berbeda-beda akan membuka mata kita yang ‘ketiga’ sehingga kita menjadi lebih menghargai banyak hal, termasuk lebih menghargai negara sendiri. Jiwa patriotisme saya justru terasa lebih kuat sejak saya keluar dari Indonesia. Banyak hal diluar yang membuat saya bersyukur pernah tinggal di Indonesia. Sebaliknya, banyak hal-hal baik yang saya serap dari negara-negara yang pernah saya kunjungi yang membuat saya menjadi lebih independen sebagai seorang perempuan Indonesia”

Buat Anggun, hal paling mahal dari seorang perempuan bukanlah make up, baju atau sepatu. Hal paling mahal dari diri seorang perempuan adalah sifat independent-nya. Sifat yang berani mandiri dan tidak selalu tergantung pada orang lain, terutama pria.

2 comments: